Banyak Yang Tidak Mengetahui! Inilah Keutamaan Sholat Sunnah Awwabin

Isi Konten [Tampilkan]
السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ 


Kaum muslimin & muslimat, ikhwan & akhwat sahabat DA'I yang dimuliakan ALLAH SWT. 
Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan pengetahuan tentang :

Inilah Pengertian dan Keutamaan Sholat Sunnah Awwabin Yang Jarang Diketahui:





Pengertian Sholat Sunnah Awwabin


Jika dilihat dari makna kata awwab, kata awwabin (أَوَّابِيْن) merupakan bentuk plural dari kata awwab (أَوَّاب) yang memiliki arti seorang yang banyak kembali kepada Allah dengan taubat dan dzikir mengingatnya. Pendapat lain disebut sholat Awwabin, berasal dari kata ‘Awwab’ juga yang artinya orang yang kembali kepada Allah. Itulah manusia yang mudah bertaubat.

Sehingga maksudnya waktu itu sangat baik untuk berdzikir mengingat Allah dengan beribadah juga bertaubat.

Saat zaman Rasulullah shallallahu a’alayhi wa sallam, kebanyakan manusia saat itu berada dalam sebuah kondisi yang butuh istirahat dan ketenangan. Menjadikan waktu itu sebagai waktu ibadah dan sholat merupakan suatu perlawanan terhadap keinginan jiwa untuk santai kemudian membawanya menuju keridhaan Allah (Faidh Al-Qadir, 4/216). Itulah arti awwabin, seorang yang selalu kembali kepada Allah dengan taubat dan dzikir mengingatnya.

Namun ada anggapan dari sebagian orang yang menamakan sholat sunah yang dilaksanakan antara maghrib dan isya’ dengan istilah sholat awwabin. Benarkah penggunaan istilah ini?

Kedua pendapat ini memiliki dalil dari hadist Rasulullah sallallahu’alayhi wa sallam.

Terdapat beberapa hadis yang menganjurkan sholat sunah antara magrib dan isya, diantaranya hadis yang diriwayatkan An-Nasa’i, dari Hudzaifah radhiallahu ‘anhu, beliau mengatakan,

“Saya mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan saya sholat magrib bersama beliau. Kemudian beliau sholat (sunnah) sampai isya. Al-Mundziri dalam At-Targhib wa Tarhib (kitab hadist) menyatakan, sanad hadis ini jayid.

Hadis yang shahih mengenai sholat Awwabin adalah hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tidak ada yang bisa menjaga sholat dhuha kecuali orang awwab (sering bertaubat). Dan sholat dhuha adalah sholat awwabin.” (HR. Ibnu Khuzaimah 1224, Thabrani dalam al-Ausath dan dishahihkan al-Albani dalam As-Shahihah, no. 703).

Ulama hadist abad ini, syaikh Al-Albani mengatakan, “Dalam hadis ini terdapat bantahan bagi orang yang menamakan sholat enam rakaat setelah maghrib dengan “Sholat Awwabin”, karena penamaan ini tidak ada asalnya.” (Shahih Targhib wa Tarhib, 1/423).
Keutamaan Sholat Sunnah Awwabin

Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa salllam bersabda, “Setiap pagi, semua persendian dalam tubuh perlu untuk disedekahi. Setiap ucapan ‘subhanallah’ merupakan sedekah, setiap ucapan ‘alhamdulillah’ merupakan sedekah, setiap ucapan ‘laa ilaaha illallah’ merupakan sedekah, setiap ucapak ‘allahu akbar’ merupakan sedekah, memerintahkan pada kebaikan merupakan sedekah, melarang dari kemungkaran merupakan sedekah, dan dua rakaat sholat dhuha mencukupi sedekah semua persendian.” (HR. Muslim no. 720)

Allah akan menjaga seorang yang sholat empat rakaat dhuha dari berbagai mara bahaya diakhir hari tersebut.

“Wahai anak cucu Adam, sholatlah empat rakaat diawal siang ikhlas karena-Ku, pasti akan Aku melindungimu dari berbagai mara bahaya dan bencana diakhir hari” (HR. At-Tirmidzi no. 475 dan Abu Dawud no. 1289. Lihat Shahih Al-Jami’ no. 4339 dan Faidh Al-Qadir, 4/468 no. 6006)

Tim Umroh.com memaparkan, Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam juga menebutkan, seorang yang selalu melaksanakan sholat ini merupakan seorang yang memiliki predikat awwabin, yaitu orang-orang yang taat, dan senantiasa bertaubat pada Allah.

“Tidak akan bisa menjaga sholat dhuha kecuali orang-orang yang berpredikat awwabin. Dan sholat itu dinamakan sholatnya para awwabin” (HR. Al-Hakim dalam Al-Mustadrak no. 1182, Ibnu Khuzaimah dalam kitab shahihnya no. 1224, dan dihasankan oleh Syaikh Al-Albani di Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah no. 1994)

Keutamaan Sholat Sunnah Awwabin

Beberapa keutamaan sholat awwabin yang bisa Anda dapatkan ialah pahala yang paling banyak diantara sholat dhuha yang lain. Seperti dalam hadist sahabat, dari al-Qâsim asy-Syaibani radhiyallahu anhu:

Zaid bin Arqam radhiyallahu anhu melihat beberapa orang yang sedang melaksanakan sholat di waktu Dhuha, maka ia berkata: “Tidakkah mereka mengetahui bahwa sholat di selain waktu ini lebih utama? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda : “Sholat awwabin dilakukan saat anak unta kepanasan”. [HR. Muslim no. 748]

Hadist keutamaan lainnya ialah dari sahabat Abi Hurairah radhiyallahu anhu ia berkata:

Kekasihku telah mewasiatiku dengan tiga hal untuk tidak aku tinggalkan, yaitu: Melakukan witir sebelum tidur, tidak meninggalkan dua raka’at sholat Dhuha, karena sesungguhnya ia adalah sholat Awwâbîn (sholatnya orang-orang yang taat kepada Allah) , dan puasa tiga hari setiap bulan” (HR. Ibnu Khuzaimah dalam Shahihnya no. 1223)

Demikian juga Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

“Tidak ada yang bisa menjaga sholat dhuha kecuali orang awwab (sering bertaubat). Dan dia (dhuha) adalah sholat awwabin (sholatnya orang yang senang bertaubat).” (Silsilah as-Shahîhah, no. 703)   
  • Demikian lah ilmu pengetahuan islam yang bisa kami berikan kepada seluruh Ikhwan & Akhwat sahabat Didikan Islamic yang dirahmati oleh Allah SWT. Semoga menjadi berkah untuk kehidupan kita semua. Dihari yang penuh berkah ini kami mengajak kepada seluruh kaum muslimin agar saling berbagi kebaikan ilmu yang diambil dari artikel dibawah ini. Mari kita saling berbagi pengetahuan kepada orang-orang terdekat kita utamanya agar mereka mendapatkan berkah dan ilmu pengetahuan dari apa yang sudah kita share.
  • Semoga dengan berkah kita meluangkan waktu selama beberapa menit untuk membagikan artikel ini menjadikan kita mudah dalam segala urusan dunia maupun akhirat. Dan menjadi amal ibadah kita. 
  • Bayangkan apabila ada 100 orang bahkan lebih dari itu mereka yang mengambil kebaikan ilmu dari apa yang kita bagikan, maka sebanyak itulah amal ibadah kita. Mari saling berbagi (SHARE) 🙏🏻 .Semoga amal ibadah kita berbagi dihari ini diterima oleh Allah SWT

Belum ada Komentar untuk "Banyak Yang Tidak Mengetahui! Inilah Keutamaan Sholat Sunnah Awwabin"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel