Duel Sengit Nabi Isa As Melawan Dajjal

Isi Konten [Tampilkan]
السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ 


Kaum muslimin & muslimat, Ikhwan & Akhwat sahabat Didikan Islamic yang dimuliakan ALLAH SWT. 
Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan pengetahuan tentang :

Duel Sengit Nabi Isa As Melawan Dajjal


        Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda "kalian perangi Jazirah Arab dan Allah beri kalian kemenangan, kalian perangi Persia Allah berikan kalian kemenangan kemudian kalian perangi Romawi  Allah berikan kalian kemenangan kemudian kalian perangi dajjjal Allah berikan kalian kemenangan" (Hadits Riwayat Muslim). 

Pembahasan Singkat Tentang Imam Mahdi

        Imam Mahdi adalah seorang muslim berusia muda yang akan dipilih oleh Allah untuk menghancurkan semua ke zoliman dan menegakkan keadilan di muka bumi. Sebelum datangnya hari kiamat dikatakan bahwa ia akan menjadi pemimpin yang jujur dan adil, menggunakan harta kekayaannya yang berlimpah untuk kemajuan umat. Imam Mahdi sebenarnya adalah sebuah gelar sebagaimana halnya gelar khalifah Amirul Mukminin dan sebagainya. Imam Mahdi dapat diartikan secara bebas dan bermakna pemimpin yang telah diberi petunjuk, dalam bahasa Arab kata Imam Mahdi berarti pemimpin sedangkan Mahdi berarti orang yang mendapatkan petunjuk nama sebenarnya seperti yang disebutkan di dalam hadits. 

Nama, Sifat, Persis Seperti Rasulullah

        Ia bernama Muhammad seperti nama Nabi Muhammad nama ayahnya pun sama seperti nama Ayah Nabi Muhammad yaitu Abdulloh jadi nama aslinya adalah Muhammad bin Abdulloh. Rasulullah shallallahu'alaihiwasallam bersabda "Andaikan dunia tinggal sehari sungguh Allah akan panjangkan hari tersebut sehingga diutus padanya seorang lelaki dari ahli baitku namanya serupa Namaku nama ayahnya serupa nama ayahku, Muhammad bin Abdulloh ia akan penuhi bumi dengan kejujuran dan keadilan sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kezaliman dan penganiayaan" (hadis riwayat Abu Daud). 
Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda "al-mahdi berasal dari umatku dari keturunan anak cucuku" (hadis riwayat Abu Daud Ibnu Majah dan al-hakim). 
Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, "al-mahdi berasal dari umatku berkening lebar berhidung panjang dan mancung ia akan penuhi bumi dengan keadilan dan kemakmuran sebagaimana di bumi ini sebelum itu dipenuhi dengan kezaliman dan kesewenang-wenangan dan umur kekhalifahannya berumur tujuh tahun" (Hadis riwayat Abu Dawud Al Hakim). 


Kemunculan Imam Mahdi

        Kemunculan Imam Mahdi bukan karena kemauan Imam Mahdi itu sendiri melainkan karena takdir Allah yang pasti berlaku. Bahkan ia sendiri tidak menyadari bahwa dirinya adalah Imam Mahdi melainkan setelah Allah mengislahkan kepadanya dalam satu malam. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: "al-mahdi berasal dari umatku yang akan diislahkan oleh Allah dalam satu malam" (Hadis riwayat Ahmad dan Ibnu Majah). Kemunculan Imam Mahdi akan didahului oleh beberapa tanda-tanda sebagaimana yang disebutkan di dalam beberapa hadits pertama Imam Mahdi akan muncul ketika banyak perselisihan antara umat usia dan banyaknya gempa. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda "Aku berikan berita gembira mengenai Al mahdi yang diutus Allah ke tengah umatku ketika banyak terjadi perselisihan antara manusia dan gempa-gempa ia akan penuhi bumi dengan keadilan dan kejujuran sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kesewenang-wenangan dan kezaliman" (Hadist riwayat Ahmad). 

        Kedua, Baitullah akan diserang oleh suatu pasukan tetapi bagian tengah pasukan tersebut akan Ditelan Bumi. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: "Seorang laki-laki akan datang ke Baitullah Ka'bah maka diutuslah suatu utusan oleh penguasa untuk mengejarnya Dan ketika mereka telah sampai disuatu gurun pasir maka mereka terbenam Ditelan Bumi" (Hadits Riwayat Muslim).  Telah bersabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam akan dibayar seorang laki-laki antara maqam Ibrahim dengan sudut Ka'bah (Hadist riwayat Ahmad).  

        Yang ketiga tanda  akan kemunculan Imam Mahdi adalah datangnya suatu pasukan dari negeri Syam menuju ke Baitullah untuk mengejar seorang lelaki yang dilindungi oleh Allah. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam: "bersabda suatu pasukan dari umatku akan datang dari arah negeri Syam ke Baitullah Ka'bah untuk mengejar seorang laki-laki yang akan dijaga Allah dari mereka" ,(hadis riwayat Ahmad). Semasa kepemimpinannya Imam Mahdi akan membawa kaum muslimin untuk memerangi kezaliman hingga satu demi satu ke zoliman akan tumbang takluk dibawah kekuasaannya, kemenangan demi kemenangan yang diraih Imam Mahdi dan pasukannya membuat murka Dajjal sehingga membuatnya keluar dari persembunyian dan berusaha membunuh Imam Mahdi serta pengikutnya.

Nabi Isa AS Berhasil Membunuh Dajjal

         Rasulullah Subhanallah Alaihi Wasallam bersabda: "kalian perangi Jazirah Arab dan Allah beri kalian kemenangan kemudian Persia Iran dan Allah berikan kalian kemenangan kemudian kalian perangi Romawi dan Allah berikan kalian kemenangan kemudian kalian perangi Dajjal dan Allah berikan kalian kemenangan", (Hadits Riwayat Muslim). 
Maka Allah akan menurunkan nabi Isa alaihissalam dari langit yang bertugas membunuh dajjal. 
Imam Mahdi dan Nabi Isa akan bersama-sama memerangi Dajjal dan pengikutnya hingga Dajjal mati ditombak oleh Nabi Isa Alaihissalam di pintu lud di kompleks al-aqsa. 
Di dalam Hadits Riwayat Bukhari Muslim dan al-hakim dikatakan nabi Isa alaihissalam datang saat terjadi peperangan antara umat muslim dengan Dajjal dan pengikutnya Dia turun di menara putih di sebelah timur damaskus kemudian menemui umat muslim yang saat itu hendak melaksanakan salat, pemimpin mereka al-mahdi meminta nabi Isa alaihissalam untuk memimpin Salat tapi Nabi Isa menolaknya dan mengatakan bahwa pemimpin kalian berasal dari kalangan kalian sendiri. Setelah itu nabi Isa alaihissalam akan membunuh dajjal dan menjadi Hakim yang adil menghancurkan Salib dan membunuh babi dan menghapus jizyah. 

Tujuan Diturunkan Kembali Nabi Isa ke Bumi

        Kedatangan nabi Isa alaihissalam akan menyadarkan para pemeluk kitab Injil yang dipegangnya dulu sehingga banyak dari mereka yang masuk Islam bukan hanya itu bisa juga berada dijajaran kaum muslimin untuk membunuh dajjal musuh terbesar umat Islam dalam Ibnu Majah Shahih Ibnu khuzaimah dan mustadrak al-hakim. Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu Anhu bahwa Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam bersabda: "Isa Alaihissalam berseru bukakan pintu mereka lalu membukanya dan dibalik pintu itu ada Dajjal bersama 70.000 Yahudi yang semuanya membawa pedang dan perisai ketika Dajjal memandang nabi Isa alaihissalam dajjak melarikan diri kemudian nabi Isa alaihissalam mengejarnya sampai di gerbang lud timur kemudian membunuhnya dan Allah mengalahkan dajjal dan pasukannya", (Shahih al-jami' ash-shaghir). 

 Rahasia Mengapa Nabi Isa tidak membiarkan Dajjal mati meleleh seperti garam adalah untuk mematahkan kekuatan dan fitnah makhluk itu dengan menyaksikan pembunuhan dan kematiannya manusia menjadi yakin bahwa dajjal adalah makhluk yang lemah dan dapat dikalahkan. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: "Lalu Allah mengutus Isa bin Maryam seperti urwah bin Mas'ud ia mencari Dajjal dan membunuhnya setelah itu selama 7 tahun manusia tinggal dan tidak ada permusuhan diantara dua orang pun kemudian Allah mengirim angin sejuk dari arah Syam hingga tidak tersisa seorang yang dihatinya ada kebaikan atau keimanan sebiji sawi pun yang tersisa kecuali allah mencabut nyawanya", (Hadits Riwayat Muslim dalam riwayat Abu Dawud). 

        Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: "Allah akan membinasakan semua agama selain Islam, Isa akan membunuh dajjal dan beliau akan tinggal di muka bumi selama 40 tahun setelah itu ia meninggal dan kaum muslim menshalatinya", (hadist riwayat Abu Daud dan Ahmad).
 Pada hadits pertama seolah-olah bertentangan, pada hadits yang pertama dikatakan bahwa Nabi Isa tinggal di muka bumi selama tujuh tahun namun tidak secara tegas dan hadis kedua dikatakan 40 tahun Hai Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan disebut dalam hadits bahwa Nabi Isa tinggal di muka bumi selama 40 tahun namun dalam Hadits Shahih Muslim disebut dari Abdullah bin Umar bahwa beliau menetap selama tujuh tahun seolah-olah di sini ada yang rancu maka kita bisa memaknakan bahwa maksud beliau tinggal di muka bumi selama tujuh tahun adalah waktu tinggal setelah beliau turun ke muka bumi untuk membunuh dajjal sedangkan Sisanya adalah waktu beliau menetap di muka bumi sebelum diangkat ke langit, Oleh karena itu dari sini kita dapat memaknakan bahwa umur Nabi Isa Alaihissalam adalah 33 tahun sebelum beliau diangkat ke langit, inilah yang masyhur tafsir Ibnu Katsir berarti dari perkataan Ibnu Katsir tersebut umur Nabi Isa Alaihissalam sebelum diangkat ke langit adalah 33 tahun lalu setelah turun kembali bumi dan membunuh dajjal Nabi Isa hidup di bumi selama tujuh tahun sehingga genaplah umurnya empat puluh tahun wallahualam.  

        Kembali ke masalah Dajjal Berapakah umur Dajjal setelah ikatan rantai nya dilepas lalu membuat kerusakan di muka bumi dengan fitnah dan sihirnya? Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pernah ditanya tentang Berapa lama Dajjal tinggal di bumi beliau menjawab 40 hari. Satu hari seperti satu tahun hari pertama dari 40 hari itu berjalan seperti satu tahun satu hari seperti 1 bulan hari berikutnya berjalan seperti satu bulan satu hari seperti satu pekan dan sisanya seperti hari-hari biasa kalian (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) .Jika diperhitungkan berarti umur 40 hari itu adalah satu hari pertama satu tahun, di hari kedua 1 bulan , hari ke-31 Minggu dan hari setelahnya dalam hitungan sehari hingga dapat disimpulkan bahwa fitnah sihir dan segala keburukan Dajjal sejak kedatangannya ke bumi adalah satu tahun dua bulan dua minggu waktu yang cukup singkat namun banyak yang dibuat sesat olehnya, banyak yang mati dibunuh oleh para pengikutnya dan sangat banyak ke zoliman yang melampaui batas yang dilakukan umat manusia pada masa itu. 

Wallahu'alam

Semoga kisah ini dapat menambah ilmu dan menambah ketaatan kita kepada Allah subhanahuwata'ala terima kasih segala Perhatian mohon maaf segala kehilafan. Kurang dan lebihnya mohon dimaafkan,kelebihan dari allah kekurangan dari pribadi Wasalamuallaikum Warahmatullahi Wabarokatu.


  •             Demikian lah ilmu pengetahuan islam yang bisa kami berikan kepada seluruh Ikhwan & Akhwat sahabat Didikan Islamic yang dirahmati oleh Allah SWT. Apabila terdapat suatu kesalahan dalam penyampaian ilmu islam, boleh Antum kritik dan memberi saran agar bisa kami perbaiki . Semoga menjadi berkah untuk kehidupan kita semua. Dihari yang penuh berkah ini kami mengajak kepada seluruh kaum muslimin agar saling berbagi kebaikan ilmu yang diambil dari artikel dibawah ini. Mari kita saling berbagi pengetahuan kepada orang-orang terdekat kita utamanya agar mereka mendapatkan berkah dan ilmu pengetahuan dari apa yang sudah kita share.
  •             Semoga dengan berkah kita meluangkan waktu selama beberapa menit untuk membagikan artikel ini menjadikan kita mudah dalam segala urusan dunia maupun akhirat. Dan menjadi amal ibadah kita. 
  •             Bayangkan apabila ada 100 orang bahkan lebih dari itu mereka yang mengambil kebaikan ilmu dari apa yang kita bagikan, maka sebanyak itulah amal ibadah kita. Mari saling berbagi (SHARE) 🙏🏻 .Semoga amal ibadah kita berbagi dihari ini diterima oleh Allah SWT


Belum ada Komentar untuk "Duel Sengit Nabi Isa As Melawan Dajjal"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel