Fakta Mengerikan Sungai Nil Yang Menjadi Sejarah Dalam Kisah Nabi Musa AS

Isi Konten [Tampilkan]
السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ 


Kaum muslimin & muslimat, Ikhwan & Akhwat sahabat Didikan Islamic yang dimuliakan ALLAH SWT. 
Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan pengetahuan tentang :


Fakta dan Misteri Sungai Nil, Sungai Terpanjang Kedua di Dunia


        Sungai Nil merupakan sungai terpanjang kedua di dunia setelah Sungai Amazon yang berada di Afrika, Sungai ini sering disinggung dalam ajaran Islam maupun Nasrani. Dalam ajaran agama, Sungai Nil merupakan saksi bisu kisah Nabi Musa dan Firaun. Sungai Nil Memiliki panjang 6.853 KM
sungai terbentuk dari Mata air Sungai Nil berasal dari Rwanda dan Burundi, Mata air tersebut mengalir ke Sungai Nil menyeberangi Afrika lalu bermuara di Laut Mediterania.

       Sungai yang sangat berpengaruh terhadap peradaban ini melewati beberapa negara, Hanya 22 persen dari Sungai Nil saja yang melewati mesir, Sisanya, sungai ini juga melalui Sudan, Burundi, Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Rwanda, dan Tanzania .Sungai Nil Memiliki Peran Penting dalam Pembangunan Piramida. Piramida adalah salah satu tujuh keajaiban dunia yang menjadi kebanggan bagi Mesir .

        Sungai ini memiliki peran penting dalam pembangunan piramida, Blok-blok batu yang digunakan untuk membangun piramida ternyata diangkut melalui Sungai Nil. Jalur pengangkutan melalui Sungai Nil ini dimanfaatkan untuk menghemat waktu sehingga proses pembangunan piramida berjalan lebih cepat .Konon katanya ada Predator Mematikan di Sungai Nil hal satu ini pasti membuat Anda ngeri untuk datang atau sekedar duduk-duduk santai di tepi Sungai Nil Sungai ini dihuni oleh salah satu predator besar yang mematikan yaitu Buaya Sungai Nil, Buaya Nil merupakan spesies buaya terbesar kedua di dunia.Berikut ini fakta unik lainnya yang jarang diketahui orang banyak:

1.Sungai Nil berperan penting dalam peradaban Mesir kuno dan pembangunan piramida

        Sungai Nil sering dihubungkan dengan sejarah peradaban Mesir kuno karena besarnya peranan Sungai Nil dalam perkembangan peradaban terbesar di dunia tersebut.Sungai Nil memberikan bantuan sumber daya penting yang dibutuhkan peradaban Mesir untuk dapat berkembang, seperti menyediakan air minum, bantuan irigasi untuk tanaman agar dapat tumbuh di tanah yang gersang (Mesir didominasi gurun pasir), dan menyediakan tanah yang subur untuk ditanami tanaman.
        Tanpa bantuan-bantuan tersebut, tidak akan ada peradaban Mesir seperti yang sekarang ini, karena akan sulit bagi peradaban Mesir untuk dapat bertahan hidup di kawasan beriklim padang pasir seperti di Mesir ini.Oleh sebab itu, sebagian besar penduduk Mesir tinggal di dekat Sungai Nil, karena tersedianya air, makanan, transportasi, dan tanah yang subur untuk menanam. Pertanian sangat diandalkan oleh Mesir kuno untuk mendapatkan kekayaan dan kekuatan.Selain berkontribusi terhadap sumber dayanya, Sungai Nil juga ikut andil lho dalam pembangunan piramida, yang merupakan bangunan yang paling terkenal di Mesir.
          Sungai Nil berkontribusi dalam pembangunan piramida dengan cara membantu proses mengangkat materialnya.Orang-orang Mesir membangun piramida dengan menggunakan batu-batu yang besar, dan memanfaatkan Sungai Nil untuk mengapungkan batu-batu besar tersebut dari hilir menuju ke lokasi pembuatan.

2.Ada 9 negara di seluruh Afrika yang dilewati Sungai Nil dan anak-anak sungainya

        Sungai Nil merupakan aliran terpanjang di daratan Afrika, karena mampu melewati 9 negara di seluruh Afrika, yaitu Mesir, Zaire, Rwanda, Uganda, Sudan, Kenya, Burundi, Tanzania dan Ethiopia.Cekungan Nil (area tanah yang dikeringkan oleh sungai) sangat besar lho, karena mampu mencakup 11 negara, yaitu meliputi Mesir, Uganda, Sudan, Ethiopia, Eritrea, Burundi,Tanzania, Kenya, Republik Demokratik Kongo, Rwanda, dan Sudan Selatan.

3.Buaya di sepanjang Sungai Nil menggigit 200 orang setiap tahunnya

        Hewan yang paling terkenal di Sungai Nil adalah buaya Nil, yang merupakan buaya terbesar di Afrika, dan buaya terbesar kedua di dunia setelah buaya air asin .Buaya Nil menyebar di bagian utara Sungai Nil. Buaya yang juga dapat hidup di lingkungan asin ini, memiliki panjang antara 3,5 hingga 5,0 atau 11,5 hingga 16,4 kaki dengan berat 225 g hingga 750 kg (buaya Nil jantan dewasa), sedangkan untuk buaya Nil betina lebih kecil sekitar 30% dari buaya Nil jantan.
        Buaya Nil merupakan salah satu spesies buaya yang paling berbahaya di dunia, yang jika diperkirakan bisa menyebabkan kematian sekitar 200 orang per tahunnya. Buaya Afrika ini tidak menyukai jika ada orang berada di dekatnya. Biasanya buaya Nil menyerang orang yang mencuci baju di sungai, memancing di pantai atau sekedar bersantai dipinggiran sungai nil. Bagaimana sahabat DAI masih berani bersantai-santai dipinggiran sungai nil?

wallahua'lam

Jadi itulah fakta-fakta unik sungai nil yang bisa sahabat DAI berikan. kurang dan lebihnya mohon dimaafkan,Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

  •             Demikian lah ilmu pengetahuan islam yang bisa kami berikan kepada seluruh Ikhwan & Akhwat sahabat Didikan Islamic yang dirahmati oleh Allah SWT. Apabila terdapat suatu kesalahan dalam penyampaian ilmu islam, boleh Antum kritik dan memberi saran agar bisa kami perbaiki . Semoga menjadi berkah untuk kehidupan kita semua. Dihari yang penuh berkah ini kami mengajak kepada seluruh kaum muslimin agar saling berbagi kebaikan ilmu yang diambil dari artikel dibawah ini. Mari kita saling berbagi pengetahuan kepada orang-orang terdekat kita utamanya agar mereka mendapatkan berkah dan ilmu pengetahuan dari apa yang sudah kita share.
  •             Semoga dengan berkah kita meluangkan waktu selama beberapa menit untuk membagikan artikel ini menjadikan kita mudah dalam segala urusan dunia maupun akhirat. Dan menjadi amal ibadah kita. 
  •             Bayangkan apabila ada 100 orang bahkan lebih dari itu mereka yang mengambil kebaikan ilmu dari apa yang kita bagikan, maka sebanyak itulah amal ibadah kita. Mari saling berbagi (SHARE) 🙏🏻 .Semoga amal ibadah kita berbagi dihari ini diterima oleh Allah SWT

Belum ada Komentar untuk "Fakta Mengerikan Sungai Nil Yang Menjadi Sejarah Dalam Kisah Nabi Musa AS"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel