MAKHRIJUL HURUF

Konten [Tampil]
بسم الله الرحمن الرحيم

       Menurut Al-imam jazari dan mayoritas para ulama ahli qiro'at, makhrijul huruf ada 17 dan dibagi menjadi 5 bagian :
  1. Al-jauf / الجوف .  
    Makhroj yang pertama adalah jauf yang artinya rongga mulut yakni celah panjang yang berada di belakang tenggorokan sampai ke mulut. Keluar dari jauf huruf-huruf mad yaitu (ا و ي). Alif memanjangkan fathah; ya’ memanjangkan kasroh; dan wawu memanjangkan dhommah. Vokal panjang pada setiap mad yakni bunyi “a”, “i” dan “u” itu mahrojnya dari rongga mulut dan berakhirnya suara di udara di mulut. Contohnya: (نُوْحِيْهَا)
Sekarang perhatikan gambar berikut!



semua makhroj jauf berakhir di udara dan posisi lidah sesuaikan seperti pada gambar.

 2. Al-halq / الحلق.
     sebelum ke teori, coba perhatikan gambar berikut!


     Al-Halq artinya tenggorokan. Ada 3 makhroj yang berasal dari tenggorokan.
2.        (أقصى الْحَلْقِ) artinya tenggorokan bagian bawah. Hurufnya (ء) dan (ه)
3.        (وَسْطَ الْحَلْقِ) artinya tenggorokan bagian tengah. Hurufnya (ع) dan (ح)
4.       (أَدْنَى الْحَلْقِ) artinya tenggorokan bagian atas. Hurufnya (غ) dan (خ)

 3. Al-lisan / اللسان.
     Al-Lisan artinya lidah. Perhatikan bagian-bagian lidah berikut untuk memudahkan pemahaman.


Ada 10 makhroj yang keluar al-lisan. Berikut penjelasannya dengan nomor urut dilanjutkan dari atas:


  (أَقْصَى اللِّسَانِ وَمَا يُحَاذِيْهِ مِنَ الْحَنَكِ الْأَعْلَى) artinya pangkal lidah dengan langit-langit atas. Hurufnya (ق).
(تَحْتَ وَسْطَ اللَّسَانِ وَمَا يُحَاذِيْهِ مِنَ الْحَنَكِ الْأَعْلَى) artinya bawah pangkal lidah dengan langit-langit atas. Hurufnya (ك).


(تَحْتَ وَسْطَى اللِّسَانِ وَمَا يُحَاذِيْهِ مِنَ الْحَنَكَ الْأَعْلَى) artinya dibawah bagian tengah-tengah lidah dengan langit-langit atas. Huruf yang keluar darinya (ج), (ش) dan (ي).
(إِحْدَى حَافَتَي اللِّسَانِ وَمَا يَلْيِهَا مِنَ الْأَضْرَاسِ) artinya salah satu tepi lidah bertemu dengan gigi geraham. Huruf yang keluar darinya (ض).




(أَوَّلُ إِحْدَى حَافَتَي اللِّسَانِ) artinya satu tepi lidah sampai pada ujungnya berpapasan dengan langit-langit atas. Huruf yang keluar darinya (ل).
(طَرْفُ اللِّسَانِ تَحْتَ اللَّامِ قَلِيْلًا) artinya ujung lidah di bawah makhroj lam bertemu dengan dari langit-langit atas. Huruf yang keluar darinya (ن).
(يُقَارِبُ مَخْرَجَ النُّوْنِ وَاُدْخِلَ فِيْ ظَهْرِ اللِّسَانِ) artinya berdekatan dengan makhroj nun dan masuk pada pungung lidah Huruf yang keluar darinya (ر).



(فَوْقَ اللِّسَانِ وَأُصُوْلُ الثَّنَيَتَيْنِ الْعُلْيَتَيْنِ) artinya diatas ujung lidah bertemu dengan gusi dua gigi seri atas. Huruf yang keluar darinya (ط), (د) dan (ت). Ketika melafalkan Tho, lidah diangkat karena termasuk isti'la.



(طَرْفُ اللِّسَانِ وَفَوْقَ الثَّنَيَتَيْنِ الْسُفْلَيَيْنِ) artinya ujung lidah dengan gigi seri bawah. Huruf yang keluar darinya (س), (ص) dan (ز). Ketika melafalkan Shod, lidah diangkat karena termasuk isti'la.



(طَرْفُ اللِّسَانِ وَطَرْفُ الثَّنَيَتَيْنِ الْعُلْيَتَيْنِ) artinya ujung lidah bertemu dengan ujung dua gigi seri atas, huruf yang keluar darinya(ظ), (ذ) dan (ث). Ketika melafalkan Zho', lidah diangkat karena termasuk isti'la.



  4. Asyafah / الشفة .
Bagian keempat adalah as-syafah yang artinya bibir. Asy-syafah terbagi menjadi 2 makhroj :


(بَطْنُ الشَّفَةِ وَطَرْفُ الثَّنَيَتَيْنِ الْعُلْيَتَيْنِ) artinya perut bibir bawah bertemu dengan ujung gigi seri atas. Hurufnya (ف)
 (بَيْنَ الشَّفَتَيْنِ) artinya di antara dua bibir. Hurufnya (ب), (م) dan (و). Namun ada sedikit perbedaan yakni kalau ba’ ditekan, mim ditekan sedikit lebih ringan dan wawu sedikit ada rongga antara dua bibirnya.



  5. Al-khoisyum / الخيشوم.


Makhroj yang terakhir adalah khoisyum yang artinya rongga hidung. Yang keluar dari khoisyum adalah ghunnah yaitu mim dan nun bertasydid. Selain itu, ghunnah terdapat pada hukum berikut:
1.      Idhgom bigunnah
2.      Iqlab
3.      Ikhfa haqiqi
4.      Ikhfa syafawi
5.      Idghom mitslain.

                                                             

   
 Demikianlah sedikit pengetahuan yang bisa kami berikan kepada ikhwan & akhwat sahabat DA'I.
Semoga bisa menjadi manfaat bagi kita semua, serta dapat meneguhkan iman dan ketaqwaan kita semua.
Sehingga kita dapat mengambil hikmah dari apa yang kita dapatkan dari pengetahuan ini.
Sekian yang dapat kami sampaikan, segala kelebihan hanya dimiliki oleh ALLAH SWT, dan segala kekurangan dari kami pribadi.
     JIKA terdapat kekurangan dari apa yang kami sampaikan, atau jika ada kritikan maupun masukan dalam hal apapun, jangan sungkan untuk menghubungi kami dibawah ini


                                 
   



والله أعلم






Belum ada Komentar untuk "MAKHRIJUL HURUF"