Ikhfa Syafawi

Konten [Tampil]

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ 


Kaum muslimin & muslimat, ikhwan & akhwat sahabat DA'I yang dimuliakan ALLAH SWT. 
Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan pengetahuan tentang ; 


HUKUM MIM SUKUN

Mim sukun ( مْ ) apabila bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah yang '' 28 '', maka hukum membacanya ada 3 bagian.

  1. Ikhfa Syafawi
  2. Idghom Mimi
  3. Izhar Syafawi
IKHFA SYAFAWI


   Pengertian Ikhfa Syafawi

Ikhfa Syafawi yaitu suatu hukum tajwid yang terjadi ketika ada huruf hijaiyah Mim Sukun ( مْ ) ketemu dengan huruf hijaiyah Ba ( ب ) .
  •   Ikhfa’ berarti menyembunyikan atau menyamarkan   
  •   Syafawi berarti bibir

Disebut dengan Ikhfa Syafawi karena sebab makhraj dari huruf hijaiyah Mim dan huruf hijaiyah Ba adalah pertemuan antara bibir bawah dan bibir atas..

Hukum Ikhfa Syafawi ini sangat berbeda dengan hukum Idgham Bighunnah, Iqlab, atau Ghunnah Musyaddadah di huruf hijaiyah Mim – di dalam Al-Quran Al Karim  khusus untuk hukum Ikhfa Syafawi ini tidak diberikan tanda tasydid ataupun tanda yang lain, sama halnya seperti pada hukum Ikhfa Haqiqi. 
   Akan tetapi, pada hukum Ikhfa Syafawi ini tetaplah wajib dibaca dengan dengung sekitar 2 – 3 harakat atau 1 1/2 alif, sebab bila hukum Ikhfa Syafawi ini tidak didengungkan, maka hukumnya akan berubah jadi hukum Izhar.

Cara membaca dari hukum Ikhfa Syafawi yaitu dengan membaca lebih dulu HURUF HIJIAYAH SEBELUM MIM SUKUN, setelah itu masuk ke dalam huruf Mim Sukun dengan cara mengeluarkan irama dengungnya hukum dari ikhfa Syafawi [yaitu dengan cara menahan huruf hijaiyah mim secara samar-samar]; “immbb.. / ummbb.. / ammbb… ” sehingga ketika akan ketemu dengan huruf hijaiyah ب maka bibir atas dan bibir bawah dalam posisi yang tertutup

  Untuk lebih jelasnya, silakan antum simak ayat berikut!.

اِنَهُمْ بِدَالِكَ

= innahummb bidzaalika

تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ

= tarmiihimmb bihijaarotin

لِكُمْ بَلَاءٌ

= lakummb balaaaaaa um

  وَمَاهُمْ بِخَارِجِيْنَ

= wa maa hummb bikhoorijiina


CONTOH BACAAN IKHFA SYAFAWI DALAM AL-QUR'AN

Surat Al Alaq Ayat 14


Surat Al-fiil ayat 4


  Demikianlah sedikit pengetahuan yang bisa kami berikan kepada ikhwan & akhwat sahabat DA'I.
Semoga bisa menjadi manfaat bagi kita semua, serta dapat meneguhkan iman dan ketaqwaan kita semua.

Sehingga kita dapat mengambil hikmah dari apa yang kita dapatkan dari pengetahuan ini.
Sekian yang dapat kami sampaikan, segala kelebihan hanya dimiliki oleh ALLAH SWT, dan segala kekurangan dari kami pribadi.
JIKA terdapat kekurangan dari apa yang kami sampaikan, atau jika ada kritikan maupun masukan dalam hal apapun, jangan sungkan untuk menghubungi kami dibawah ini

DA'I, atau lengkapknya DidikAn Islam adalah sebuah situs yang dibuat dengan tujuan utama yaitu mempermudah kita manusia umumnya, ummat islam khususnya untuk menjalin silaturrahiim, dan saling berbagi informasi atau pengetahuan tentang islam.

Bagi ikhwan maupun akhwat yang mempunyai informasi, berita, maupun fakta tentang islam dan ingin menyalurkan bakatnya menulis dan berbagi, silakan hubungi kontak kami dibawah dengan melampirkan berisi tulisan yang berupa artikel.


Belum ada Komentar untuk "Ikhfa Syafawi"